Kamis, 05 April 2012

Galau, Kehalalan Kosmetik Banyak Diragukan. Kosmetik Halal ? Emank ADA Kosmetik Haram ?

image : pelangiindie.blogspot.com

Mungkin sebagian diantara reader semua ada yang sudah tau, tapi disini saya hanya ingin bertukar pengalaman saja.Hari minggu kemarin saya mengikuti acara BeautyClass sebuah produk kosmetik. Disana selain saya bisa mendapat tutorial berdandan yang baik, saya juga diberikan informasi mengenai kosmetik yang dijual dipasaran saat ini. Dan betapa KAGET NYA, ternyata banyak sekali kosmetik yang diragukan kehalalannya !!!

image : natasyarihla.blogspot.com



Memang benar bahwa kosmetik itu tidak dikonsumsi secara langsung, dalam artian tidak masuk ke perut kita (dimakan). Hanya saja sepengetahuan saya dalam islam, tidak hanya mengkonsumsi saja melainkan memakai barang haram saja itu sudah dosa. Contohnya misalkan dalam menggunakan kosmetik. Sungguh, disayangkan hal ini kurang disadari oleh wanita-wanita indonesia yang umumnya muslimah.

Pasti diantara reader semua ada yang heran, Kosmetik halal ? Emank ada yang haram ?
Jawabannya, YA. Dikatakan haram karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kosmetik tersebut berasal dari bahan yang haram atau mungkin bahan-bahan yang tidak boleh digunakan untuk tubuh manusia (muslim). Seperti :

1. Sodium heparin dalam dunia kosmetik merupakan salah satu bahan dalam pembuatan cream untuk nutrisi kulit, cream untuk sekitar mata, produk-produk anti acne atau jerawat dan juga hair tonic. Hal yang mesti dicermati, khususnya bagi Muslimah, adalah asal usul sodium heparin itu sendiri yang terbuat dari Babi. (http://www.halalguide.info)

2. Plasenta. Dalam pembuatan kosmetik, ekstrak plasenta merupakan sumber protein biologis yang bisa berasal dari hewan maupun manusia. Biasanya ia menjadi bahan baku cream regenerasi untuk memperbaiki elastisitas kulit dan mencegah degenerasi sel. Dengan demikian, plasenta diaplikasikan sebagai faktor eksogenik untuk menstimulir regenerasi sel, sehingga menghasilkan fungsi kulit yang diingin kan, yaitu kulit muda belia. (http://www.halalguide.info)

3. Kolagen, yaitu protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuningan, bila terpapar pana akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem, tidak larut dalam air dan mampu menahan air. Kolagen sangat penting untuk proses pertumbuhan sel, sehingga sangat penting untuk proses regenerassi sel, menjaga kelenturan kulit, serta mencegah keriput. Biasa dipakai dalam hand and body lotion, dan pelembab. Dalam dunia industri kosmetik, kolagen biasa diperoleh dari hewani (misalnya sapi dan babi) atau manusia. (http://shalihah.blogspot.com)
Bagi seorang muslimah yang ta'at, tentunya harus ngeri donk. Karena apa ? Karena tentunya kita ga mau kan berdosa karena hal sepele seperti ini ?

Bagaimana cara membedakan halal dan haramnya ? Jawabannya, sangat sulit untuk dibedakan. Bahkan jika dibaca diketerangan komposisi nya pun belum bisa dipastikan. Sampai saat ini pun saya tidak tau produk mana saja yang haram. Ya, jadi inti nya kita harus selektif sendiri.

So buat para perempuan-perempuan, jangan menghalalkan segala cara untuk menjadi cantik. Gunakan kosmetik yang aman dan tidak akan menjerumuskan kita kedalam dosa.

OK, sekian bertukar pengalamannya ya. Mudah-mudahan informasi diatas bermanfaat.. ^^
Masih banyak bahan-bahan lain yang perlu diketahui dalam kosmetik. Untuk lebih lengkapnya, silahkan reader cari tahu informasi lainnya.

8 komentar:

  1. ayoo para wanita, jangan asal pilih kosmetiknya, harus pinter-pinter memilih, mana kosmetik yg benar-benar halal haramnya,,
    salam kenal sahabatku.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju !!!
      Salam kenal jg ^__^

      Hapus
  2. setaunya mbak kosmetik apa aja sih mbak yang belum terjamin kehalal nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf br sy balas. Kalau soal itu saya ga bisa mastiin juga, soalnya memang tidak banyak produk2 kosmetik yang terang-terangan menyatakan kehalalan produk mereka. Jika ingin tahu kepastiannya, silahkan anda bisa bertanya pada halalcorner atau mungkin halal MUI. Trimakasih

      Hapus
  3. Mba sendiri pake kosmetik apa ?
    Saya ikut sana sajalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba, saya g bisa nyebutin brand ^^
      Kalo soal produk, bisa ditanyakan pada ahlinya.

      Hapus
  4. kehalalan untuk konsumsi perlu diperhatikan, seperti makanan, minuman dan tak lupa kosmetik. :) dapatkan info tentang bahaya kosmetik tak halal, dan SOLUSINYA. kunjungan balik ya? di tunggu di www.siteislami.co.cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dgn pendapat mba :)
      Ok, pasti dikunjung balik...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...